February 12, 2008

Revolusi jeans sepanjang masa#2


Karena banyaknya permintaan akan celana pekerja yang kuat, saat itu celana berbahan katun duck mulai dijual. Namun bahan duck ini banyak yang menganggap terlalu kaku dan tidak nyaman, bahkan setelah beberapa kali dicuci. Karena itu kemudian Levi mulai membuat jeans dari bahan denim, dan produknya yang lebih lembut dari duck tapi sama kuat itu langsung laris manis.

Pada tahun 1873, seorang penemu di Nevada yang bernama Jacob Davis menambahkan paku perunggu pada jeans di area-arean yang tarikannya tinggi untuk mencegah sobek. Karena Davis kesulitan mendapat hak paten, maka ia menggaet Levi untuk kemudian mempatenkan bersama-sama jeans berpakunya.

Jeans dulu hanya sangat populer di kalangan buruh pekerja. Apalagi kalau bukan karena bahannya yang kuat dan murah. Baru pada tahun 1920, banyak anggota komunitas masyarakat mengekspresikan simpatinya pada kaum pekerja kelas rendah dan beberapa pemuda mulai mengenakan jeans untuk sehari-hari. Namun begitu, saat itu jeans belum booming secara luas sampai tahun 1940an saat bintang-bintang film mengenakannya.

No comments: