February 13, 2008

THE MARS VOLTA


JUDUL ALBUM : THE BEDLAM IN GOLIATH
ARTIST : THE MARS VOLTA
LABEL : UNIVERSAL
TAHUN : 2008
Siapakah yang bisa dianggap menjaga api progressive rock tetap berkobar kobar di awal tahun 2008 ini ? Saya punya satu jawaban : The Mars Volta yang digawangi : Omar-Rodriguez Lopez,Pablo Hinojos Gonazales,Cedric Bixler Zavala.Adrian Terrazas Gonzales serta bintang tamu John Frusciante dan pula menyertakan penggebuk drum baru Thomas Pridgen .
Sebuah konsep album pun dihujamkan.Bertutur tentang Ouija board yang berasal dari kota Jerusalem yang bermuatan mistis dan sarat kutukan.Cadas,keras,agresive dan tentunya....progresive.Dinamika sonic berlumuran disana-sini.Musiknya berlompatan kian kemari,tanpa sekat,tanpa pagar musik .
Ada anasir funk.Menyeruak dalam post hard core.Sekonyong konyong menukik ke dalam aroma jazz.
Seperti biasa kita pun bingung untuk menelisik direksi musiknya.Ketrampilan memainkan instrumentasi memang diatas rata-rata.Tak ada birama kosong untuk jeda maupun rehat sekalipun.
Album keempat The Mars Volta ini memang tetap merupakan kesinambungan signature musik mereka sejak mereka merilis album perdana "De-Loused In The Comatorium" (2003).The Mars Volta memang menawarkan anakronisme.
Dibuka dengan track "Aberinkula" yang menyisakan rhythm Afrika.Kemampuan drummer baru Thomas Pridgen teruji disini.Berlanjut dengan deburan "Metatron" dalam durasi 8:11 menit.Lalu kita seolah terbawa dalam sebuah tamasya kontinental yang tiada henti.Ada atmosfer Timur Tengah dalam "Wax Simulacra" sebelum menyelusup ke dalam "Goliath",tentang usaha memanggil dan melakukan kontak dengan roh.
Vokal Cedric Bixler Zavala pun bergetar gemerutuk :
Give me that corpse please
The one that tore nightly
I really want it now
Fold the arms slowly
Don't want you to hold me
It fits just like a glove
your closet is bulging
White marrow withholding
does it make you feel alright?

Peran Nathaniel Tookey yang menulis skor stringnya ensembelnya patut distabillo boss-kan.
Jangan lupa untuk menyimak track "Cavalettas",salah satu komposisi terbaik di album ini yang bercerita tentang seorang wanita yang berupaya untuk mengganti pasangan seksualnya ke dalam sebuah "self-made fantasy".Hmmmm......! "
You've got the guilty smile
That culminates in bedlam
TRACKLIST
1.ABERINUKULA
2.METATRON
3.ILYENA
4.WAX SIMULACRA
5.GOLIATH
6.TOURNIQUET MAN
7.CAVALETTAS
8.AGADEZ
9.ASKEPIOS
10.OUROBOUROUS
11.SOOTHSAYER
12.CONJUGAL BURNS

Download

No comments: