February 12, 2008

Revolusi jeans sepanjang masa#1


Yang dimaksud disini bukan Jeans Reno sang aktor Perancis itu. Bukan pula Jeans dan Jun sinetron 90an itu. Tapi celana berbahan denim berwarna biru yang banyak pemujanya, sering kita sebut sebagai celana blue jeans. Hari ini pun kita bisa banyak menemukan orang memakai jeans di seluruh dunia dengan berbagai model dan potongan.

Jeans telah banyak diminati sejak pertengahan 1800an. Saat pertama kali dilepas ke pasaran pada tahun 1973, jeans langsung booming. Saat ini ratusan perusahaan di dunia memproduksi jeans dengan berbagai model dan harga. Popularitas jeans sampai hari ini pun sepertinya belum akan menurun, walaupun model-modelnya silih berganti keluar masuk trend. Ini semua karena karakter jeans yang serba guna, tahan lama, dan simbolik secara kultural.

Untuk mengetahui kenapa jeans bisa populer, gak ada salahnya kita sedikit telusuri sejarahnya. Dulu, jeans lebih dikenal dengan nama genes, karena banyak digunakan oleh pelaut-pelaut Genoa. Jeans masa ini dibuat dari berbagai macam bahan, sampai akhirnya pada tahun 1600an, mereka mulai membuat bahan dari Serge de Nimes (kain dari kota Nimes) yang dicelup biru. Bahan asal Perancis ini kemudian lebih terkenal dengan sebutan denim, sebuah bahan yang nyaman, pas, dan murah.

Pada tahun 1850, saat masa-masanya California Gold Rush, ada seorang imigran bernama Levi Strauss yang memiliki beberapa gulung bahan denim. Ide membuat denim jeans oleh Levi dimulai ketika banyanya permintaan akan celana pekerja yang berbahan kuat. Setelah itu lanjutannya bisa disimak di artikel berikutnya.

No comments: